Kamis, 12 Mei 2016

MAPLE SYRUP URINE DISEASE (MSUD)


Maple syrup urine disease adalah gangguan bawaan yang diturunkan secara resesif autosomal dimana tubuh tidak dapat memproses asam amino tertentu dengan benar.

Penyebab
Gangguan ini terjadi akibat kekurangan enzim Branched Chain Alpha-Ketoacid Dehydrogenase (BCKAD) untuk memecah kelompok asam amino yang disebut Branched-Chain Amino Acids (BCAAs), yakni leucine, isoleucine, dan valine.  Oleh karena itu tidak mampu memetabolisme asam-asam amino tersebut. Produk sampingan asam-asam amino ini menjadi terakumulasi dan menyebabkan gangguan neurologis, termasuk kejang dan gangguan intelektual.


Gejala
Produk sampingan dari asam-asam amino tersebut menyebabkan cairan tubuh seperti air kemih dan keringat berbau seperti sirup maple.
Gejala-gejala  penyakit tersebut meliputi menurunnya nafsu makan, muntah, dehidrasi, lesu, hipotonia, kejang, ketoasidosis, dan penurunan neurologis.

Patofisiologi



Diagnosis

Tes Asam Amino Urin
Test ini dilakukan pada bayi, caranya dengan mengambil sampel urin bayi. Dilakukan pada hari ke 5 sampai ke 7 setelah kelahiran. Lalu diletakkan di kertas saring untuk di deteksi. Proses tersebut dilakukan untuk mengetahui zat-zat yang terkandung dalam urin. Ini untuk mengukur secara simultan kadar asam organik, asam nukleat, dan berbagai jenis asam amino untuk mendeteksi sekaligus berbagai jenis kelainan metabolik.
Kadar Normal dalam Urine (mikro mol/dL)
Leusin :
-          Anak-anak = 9-23
-          Dewasa = 20-23
IsoLeusin :
-          anak-anak = 2-15
-          Dewasa = 4-23
Valin :
-          Anak-anak = 17-37
-          Dewasa = 19-74

Tes Asam Amino Plasma
Dilakukan dengan pengambilan sampel darah bayi (bayi tidak boleh diberi makan selama 4 jam sebelum pemeriksaan). Darah diambil pada daerah tumit, dibersihkan dahulu kulit yang akan ditusuk dengan jarum tajam atau lanset. Darah dikumpulkan ke dalam tabung gelas kecil yang disebut pipet. Sampel darah dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan.
Kadar Normal dalam Darah (mikro mol/L)
Leusin :
-          Anak-anak = 70-170
-          Dewasa = 66-170
IsoLeusin :
-          anak-anak = 37-140
-          Dewasa = 42-100
Valin :
-          Anak-anak = 160-350
-          Dewasa = 150-315

Pengobatan
1.         Dialisis Peritoneal
            Metode cuci darah dengan bantuan membran peritoneum (selaput rongga perut). Jadi, darah tidak perlu dikeluarkan dari tubuh untuk dibersihkan dan disaring oleh mesin dialisis. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam amino dalam darah.
2.         Melakukan diet khusus
Dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan yang mengandung leusin, isoleusin, dan alim dan mengkonsumsi susu formula dengan tingkat asam amino leusin, isoleusin dan valin yang rendah. Diet ini harus dilakukan secara permanen untuk mencegah terjadinya degradasi mental.
3.         Terapi Gen
            Terapi gen merupakan pengobatan yang potensial untuk pasien MSUD. Caranya dengan mengganti gen yang bermutasi dengan salinan gen yang bagus, yang mana dapat menghasilkan kompleks protein BCKD yang fungsional dan merusak kelebihan asam amino.
Pengobatan ini memang belum membunuh penyakitnya, namun untuk membuatnya terkontrol agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih serius.




Sumber:
         S, Lee M. Disorders of Amino Acid Metabolism. Merck Manual Handbook. 2009.
         E, Chad H. Maple Syrup Urine Disease. Medline Plus. 2011.
         http://themedicalbiochemistrypage.org/msud.php


Tidak ada komentar:

Posting Komentar