Rabu, 20 April 2016

LESCH NYHAN SYNDROME


Definisi
Merupakan Sindrom akibat mutasi dari HPRT 1. Merupakan penyakit herediter yang terkait dengan kromosom X dan diturunkan secara resesif. Terjadi pada 1 dari 380.000 kelahiran. Terjadi pada laki-laki, hanya terdapat 5 kasus pada perempuan yang disebabkan kelainan molecular. Biasanya pasien dapat bertahan hidup sampai usia sekitar 20 tahun.



Gejala
       -          Penderita LNS tidak dapat duduk ditangga dan tidak dapat berjalan, babinski refleks pada jempol kaki, adanya pembengkakan pada persendian (gout).
       -          Adanya lesi dan mutilasi jari tangan pada LNS yang menggigiti jarinya sendiri.
       -         Mutilasi pada bibir penderita LNS karena penderita menggigiti bibirnya sendiri, gigi penderita juga dapat lepas karena prilaku self- mutilation ini.
       -          Adanya Tophi disekitar telinga penderita LNS.










Patofisiologi
“Purin Salvage Pathway”
Enzim HPRT berperan dalam purin salvage pathway untuk mengubah hipoxantin dan guanin kembali menjadi IMP dan GMP. Defisiensi enzim HPRT menyebabkan berkurangnya jumlah IMP dan GMP, yang akan membuat tubuh mengira bahwa kita kekurangan nukleotida, sehingga akan meningkatkan sintesis de novo purin dari ribosa-5-fosfat. Peningkatan sintesis de novo purin yang tidak disertai purin salvage pathway akan meningkatkan katabolisme nukleotida purin menjadi hipoxantin, yang akan diubah menjadi xantin dan asam urat oleh xantin oksidase, sehingga terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh (hiperurikemia). 
      Defisiensi enzim HPRT → peningkatan jumlah asam urat
      Enzim HGPRT bertugas mengubah purin menjadi nukleotida ourin agar dapat digunakan kembali sebagai penyusun DNA dan RNA
      Jika tubuh kekurangan atau mengalami defisiensi enzim ini, jumlah purin dalam tubuh akan menumpuk. Purin yang tidak terpakai pada akhirnya akan diubah menjadi asam urat dalam jumlah besar. Akhirnya kita masuk dalam kondisi hiperurisemia



Diagnosis Klinik
  1. Diagnosis LNS dapat cepat disimpulkan melalui 3 kriteria klinis : kelebihan asam urat, disfungsi neurologis, gangguan fungsi perilaku dan kognitif
  2. Analisis folikel rambut
                  -          Karena analisis enzim melalui eritrosit tidak dapat mendeteksi heterozigot, dapat dilakukan analisis folikel rambut
              -           Dilakukan dengan mencabut setidaknya 30 rambut dari suatu individu dan melakukan analisis enzim pada setiap rambut dengan bantuan elektroforesis gel untuk mengecek adanya sel yang mengalami defisiensi HPRT.
  1. Pengujian kadar asam urat serum
-          Pada penderita LSN : > 8 mg/dL (Normal: 3,0 – 7,0 mg/dL)
            d.      Pemeriksaan asam urat urin
-          Pada Lesch-Nyhan Syndrome: 40-70 mg/kg (Normal: 20 mg/kg)
-          Selama 24 jam penderita Lesch-Nyhan Syndrome dapat mengekskresikan 600-1000 mg
-          Sampel yang dibutuhkan: 5 ml
  1. Analisis enzim HPRT
-          Dilakukan pada eritrosit untuk mengukur aktivitas enzim HGPRT dengan bantuan spektrofotometer UV.
-          Pada Lesch-Nyhan menunjukkan hasil kurang dari 1,5% dari aktivitas enzim yang normal
            f.        Uji prenatal: Amniocentesis dan chorionic vilus sampling


Penanggulangan
  1. Pemberian obat-obatan seperti Allopurinol (Zyloprim, Aloprim) → mengatur kadar asam urat dalam darah atau urin.
  2. Terkait spastisitas dapat diberikan obat relaksan otot seperti obat penenang benzodiazepine dan baclofen (Lioresal). Spastisitas atau hipertonus otot merupakan kelainan sistem saraf pusat yang ditandai oleh otot yang terus menerus menerima impuls untuk menjadi kaku. Sebagian besar obat yang digunakan sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi perkembangan sindrom Lesch-Nyhan.
  3. Gejala neurologis dari LNS tidak memiliki pengobatan standar namun dapat dikurangi dengan obat-obatan seperti diazepam, haloperidol, levodopa atau carbidopa, dan fenobarbital.



Sumber:
Emedicine.medscape.com, (2013). Lesch-Nyhan Disease. [online] Available at: http://emedicine.medscape.com/article/1181356-overview#a0104 [Accessed 16 Nov. 2014].
Genetics Home Reference, (2014). Lesch-Nyhan syndrome. [online] Available at: http://ghr.nlm.nih.gov/condition/lesch-nyhan-syndrome [Accessed 15 Nov. 2014].
Nyhan, W., Barshop, B., & Ozand, P. (2005). Atlas of metabolic diseases. London: Hodder Arnold.
Willacy, H. and Draper, R. (2010). Lesch-Nyhan Syndrome | Doctor | Patient.co.uk. [online] Patient.co.uk. Available at: http://www.patient.co.uk/doctor/Lesch-Nyhan-Syndrome-(LNS).htm [Accessed 15 Nov. 2014].


Tidak ada komentar:

Posting Komentar